Minggu, 05 Mei 2013


BERIKAN KEPERCAYAAN PADA ANAK DIDIK
Assalamu alaikum...
Alhamdulillah, acara kenaikan kelas para siswa TPQ Baitul Ulya Buha (BUB) medio Januari 2013 lalu berlangsung dengan lancar, aman, dan penuh berkah. Semua itu tidak lepas dari seluruh kerja keras para dewan guru dan terutama para siswa yang secara mandiri mengisi acara yang dilaksanakan pada malam hari bertepatan dengan kegiatan pengajian di mesjid Baitul Ulya Buha Manado.


Acara kenaikan kelas yang sudah dijadwalkan sejak dua minggu sebelumnya ini disikapi oleh para siswa dengan penuh antusiasme dan semangat untuk memberikan yang terbaik. Alhamdulillah, seluruh siswa bersemangat untuk memberikan penampilan yang prima pada rangkaian acara tersebut. Terutama para siswa yang senior, mereka diberikan tugas untuk memandu acara dari awal hingga akhir, sebelumnya mereka yang membuka acara dengan muqodimah, melantunkan ayat-ayat suci Alquran, dan diakhiri oleh penyampaian satu makna Alhadist mengenai tata cara melaksanakan sholat. Mereka terlihat begitu khusyuk dan adik-adik mereka pun demikian.

Siswa senior, yakni siswa yang telah duduk di kelas III TPQ BUB dan yang akan lulus kemudian melanjutkan ke tingkat berikutnya. Dewan guru berembug atau bermusyawarah dengan mereka mengenai kegiatan kenaikan kelas, antara lain memandu acara, mengisi acara, dan mendekorasi ruangan. Mereka dilibatkan untuk menghias ruangan mesjid sehingga bisa tampil semarak tanpa meninggalkan kesan khusyuk. Hiasan berupa latar kain rentang hasil karya para siswa selama setahun. Mereka bergotong-royong mendekorasi dan menempel hasil karya mereka pada saat sore hari jelang acara kenaikan kelas.
Siswa kelas III memandu acara yang dimulai dari menampilkan adik-adik kelas mereka untuk mempraktekkan wudhu dan gerakan sholat. Di samping itu ditampilkan  pula adik-adik mereka yang menunjukkan kefasihan mereka dalam melafalkan surah-surah pendek, doa-doa harian, pengetahuan mengenai hukum dan pemahaman, misalnya keutamaan barisan di depan bagi laki-laki dan barisan belakang bagi perempuan. Selain itu, aspek akhlakul karimah pun dikuasai oleh adik-adik kelas, seperti; etika ketika makan dan minum, takzim kepada orang tua dan yang lebih tua, sikap jujur, menyayangi teman, dan lain-lain. Alhamdulillah, ternyata seluruh siswa mampu untuk melaksanakan tugas mereka dengan maksimal. Kepercayaan yang diberikan pada mereka dikerjakan dengan riang dan penuh semangat.

 Acara kenaikan kelas TPQ BUB diselenggarakan untuk melatih mental dan kemandirian seluruh siswa dalam memperlihatkan kemajuan keilmuan mereka selama rentang waktu setahun. Materi yang telah diberikan oleh para dewan guru TPQ BUB diharapkan mampu diserap secara cerdas oleh para siswa tanpa terkecuali. Materi pelajaran meliputi; aspek hukum dan pemahaman, aspek hafalan doa-doa harian, aspek hafalan surah-surah pendek dan surah pilihan, aspek akhlakul karimah, dan aspek kisah teladan yang disarikan dari berbagai kisah para Nabi dan sahabat-sahabatnya. Selanjutnya, diberikan aspek ketrampilan dan kreativitas, olahraga, kemandirian, dan lain-lain. Intinya, seluruh aspek yang diberikan kepada siswa mampu diserap dan terlihat pada kecerdasan ganda atau mulitiple intellegences yang mereka miliki.  Kesemua upaya tersebut untuk merangsang dan mengasah kemampuan spiritual,  intelektual, emosional, sosial, dan fisik para siswa TPQ BUB.

Alhamdulillah, kegiatan berlangsung dengan meriah namun tetap dalam suasana khusyuk. Kesuksesan dan kelancaran acara dapat terlaksana berkat adanya dukungan dari para dewan guru, orang tua, pengurus mesjid, pakar pendidik, dan tentunya para siswa yang telah diberikan kepercayaan untuk terlibat secara langsung dalam kegiatan mereka.


Ah, bahagianya melihat sinar keceriaan tergambar di wajah mereka. Rasanya hal itu tidak bisa terbayar dengan nominal hitungan rupiah dan gemerlap kilap harta duniawi. Subhanalloh!



Jadikan kami bisa mensyukuri nikmatMu ya Alloh, bisa tetap humble ‘merendah’ di kala ada sisipan keinginan untuk ‘lebih’.. Tetap semangati kami untuk membina, mendidik dan mengajar anak-anak kami dengan ‘semangka: semangat karena Alloh’, karena pahala di sisiMu lebih sempurna, lebih utama, lebih prima, lebih unggul, lebih mulya, lebih bernilai dari segala yang kami kumpulkan di muka bumi ini. Masyaalloh!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar